PENGARUH PERTUMBUHAN TABUNGAN, DEPOSITO, KECUKUPAN MODAL DAN KREDIT TERHADAP PROFITABILITAS PADA BANK PERKREDITAN RAKYAT SE-KABUPATEN BADUNG TAHUN 2016

Main Article Content

Anik Yuesti
Ayu Made Puspa Andini
Made Sudiartana
Jonathan Jacob Paul Latupeirissa

Abstract

Bank Perkreditan Rakyat (BPR) merupakan bank yang berperan untuk menghimpun dan menyalurkan dana. Kemampuan perusahaaan menghasilkan keuntungan disebut dengan profitabilitas. Beberapa faktor perlu diperhatikan untuk dapat mencapai pertumbuhan profitabilitas yaitu pertumbuhan tabungan, deposito, kecukupan modal dan pertumbuhan kredit.  Penelitian ini dilakukan untuk menguji dan mengetahui pengaruh pertumbuhan tabungan, deposito, kecukupan modal dan pertumbuhan kredit terhadap profitabilitas. Populasi dalam penelitian ini adalah Bank Perkreditan Rakyat se-Kabupaten Badung yang Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Tahun 2016 sebanyak 52 BPR. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan sampel penelitian sebanyak 50 BPR selama satu tahun amatan dalam satu BPR menyajikan empat triwulan laporan keuangan, dengan jumlah amatan sebanyak 200. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis  regresi linear berganda.


  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel perumbuhan tabungan, pertumbuhan kredit dan kecukupan modal tidak berpengaruh terhadap peningkatan profitabilitas sedangkan, pengaruh deposito berpengaruh positif terhadap peningkatan profitabilitas Bank Perkreditan Rakyat se-Kabupaten Badung periode 2016.

Article Details

Section
Articles