ANALISIS DAMPAK TINGKAT KECUKUPAN MODAL DAN TINGKAT PENYALURAN KREDIT TERHADAP PROFITABILITAS DENGAN RISIKO KREDIT SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2012-2016

Main Article Content

Ni Luh Ayu Lestari

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis dampak tingkat kecukupan modal dan tingkat penyaluran kredit terhadap profitabilitas dengan risiko kredit sebagai variabel pemoderasi pada perusahaan perbankan yang terdaftar di bursa efek indonesia tahun 2012-2016. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan perbankan dengan menggunakan sampel 28 perusahaan. Data dianalisis dengan uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis dengan metode regresi linier dengan Moderated Regression Analysis (MRA).


Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecukupan modal tidak berpengaruh terhadap profitabilitas (ROA) pada perusahaan perbankan yang terdaftar di bursa efek indonesia 2012-2016. Tingkat penyaluran kredit berpengaruh positif terhadap profitabilitas (ROA) pada perusahaan perbankan yang terdaftar di bursa efek indonesia 2012-2016. Risiko kredit tidak berpengaruh terhadap profitabilitas (ROA) pada perusahaan perbankan yang terdaftar di bursa efek indonesia 2012-2016. Risiko kredit tidak berpengaruh terhadap hubungan antara tingkat kecukupan modal dengan terhadap profitabilitas (ROA) pada perusahaan perbankan yang terdaftar di bursa efek indonesia 2012-2016. Risiko kredit berpengaruh negatif terhadap hubungan antara tingkat kecukupan modal dengan terhadap profitabilitas (ROA) pada perusahaan perbankan yang terdaftar di bursa efek indonesia 2012-2016.

Article Details

Section
Articles