FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMAUAN MEMBAYAR PAJAK PADA WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI YANG MELAKUKAN PEKERJAAN BEBAS DI KPP PRATAMA DENPASAR TIMUR

Main Article Content

Kisniati Kisniati

Abstract

Pajak merupakan salah satu sumber terbesar penerimaan negara yang digunakan untuk pembangunan dan pengeluaran negara yang lainnya. Sehingga usaha untuk meningkatkan penerimaan pajak terus dilakukan oleh pemerintah. Khususnya dari wajib pajak orang pribadi yang melakukan pekerjaan bebas karena Wajib pajak tersebut lebih rentan terhadap pelanggaran pajak.  hal ini disebabkan karena wajib pajak orang pribadi yang melakukan pekerjaan bebas melakukan pembukuan atau pencatatan sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kesadaran membayar pajak, pengetahuan dan pemahaman tentang peraturan pajak, persepsi yang baik atas efektivitas sistem perpajakan dan sanksi pajak terhadap kemauan membayar pajak pada  wajib pajak orang pribadi yang melakukan pekerjaan bebas.


Populasi penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi yang melakukan pekerjaan bebas yang terdaftar di KPP Pratama Denpasar Timur Tahun 2016-2017 Sampel terpilih sebanyak 100 responden dengan teknik convenience sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda, dan untuk menentukan hipotesis digunakan uji t, dan uji F.


Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan maka diperoleh kesimpulan bahwa kesadaran membayar pajak dan sanksi pajak tidak berpengaruh terhadap kemauan membayar pajak pada wajib pajak orang pribadi yang melakukan pekerjaan bebas sedangkan pengetahuan dan pemahaman tentang peraturan pajak dan persepsi yang baik atas efektivitas sistem perpajakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemauan membayar pajak pada wajib pajak orang pribadi yang melakukan pekerjaan bebas.

Article Details

Section
Articles