PENGARUH KUALITAS SISTEM, PERSEPSI KEGUNAAN DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP IMPLEMENTASI SISTEM E-FILING PADA KPP PRATAMA KABUPATEN TABANAN

Main Article Content

Dewa Ayu Komang Mahendrarini Wiyandari

Abstract

Pajak merupakan salah satu sumber pemasukan kas negara yang digunakan untuk pembangunan dengan tujuan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat. Untuk memaksimalkan penerimaan pajak Direktorat Jenderal Pajak (DJP) melakukan pembaharuan modernisasi pada sistem administrasi perpajakan di indonesia salah satunya sistem e-filling. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh antara kualitas sistem, persepsi kegunaan dan kualitas informasi terhadap implementasi sistem e-filling.


Penelitian ini menggunakan data primer dengan metode survei yang menggunakan media kuisioner. Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak yang terdaftar dan menggunakan sistem e-filling di KPP Prataman Kabupaten Tabanan. Berdasarkan data dari KPP Pratama Kabuaten Tabanan, tahun 2017 terdapat 19.494 yang melaporkan kewajiban perpajakan menggunakan sistem e-filling. Tidak seluruh jumlah tersebut menjadi objek dalam penelitian ini guna efisiensi waktu dan biaya. Oleh karena itu, dilakukan pengambilan sampel. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode accidental sampling. Jumlah sampel yang ditentukkan sebanyak 100 wajib pajak. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi berganda.


Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan maka diperoleh kesimpulan bahwa kualitas sistem dan persepsi kegunaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap implementasi sistem e-filling, sedangkan kualitas informasi tidak berpengaruh terhadap implementasi sistem e-filling.

Article Details

Section
Articles